Mengkonsumsi Air Dingin Saat Kepedasan Berbahaya?

Mengkonsumsi Air Dingin Saat Kepedasan Berbahaya?
Siapa sih yang tidak suka pedas? Indonesia memang terkenal dengan masakannya  yang pedas. Untuk itulah hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan pedas. Sensasi yang ditimbulkan dari rasa pedas itulah yang membuat banyak masyarakat Indonesia begitu menyukai masakan pedas.

Sekian banyak penikmat masakan pedas, hampir semua diantara mereka memiliki kesamaan dengan mereka yang tidak menyukai makanan pedas. Pasti setiap kali mereka menghilangkan rasa pedas itu menggunakan air putih ataupun minuman lainnya disesuaikan dengan selera. Tapi sebagian besar banyak yang meminum minuman dingin untuk menghilangkan rasa pedas. Hal itu memang terbukti bisa menghilangkan rasa pedas tapi kalian perlu tau bahwa sebenarnya kebiasaan tersebut tidak baik untuk dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang pasti memiliki tingkat reseptor berbeda-beda dan tentunya itu juga berpengaruh pada tingkat kepedasan yang dirasakan oleh setiap orang. pasti akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Cabai, merica dan bumbu lainnya merupakan penyebab dari rasa pedas yang kita rasakan. Jika kita memakannya, maka dia akan menstimulasi daerah pada bagian Faring dan Rongga hidung, setelah itu akan memberikan efek panas pada permukaan lidah kita.

Nah, jadi ketika kita minum minuman dingin pada saat kita kepedasan, memang rasa pedasnya akan menghilang secara perlahan. Tapi, setelah efeknya hilangnya, maka secara otomatis rasa pedas yang kita rasakan akan bertambah menjadi 2 kali lipat bahkan lebih dari itu. Oleh sebab itu, minumlah air hangat ketika kamu mengalami kepedasan bukan air dingin.

Meminum air hangat pada saat kamu kepedasan terbukti bisa melarutkan senyawa pembuat rasa pedas sehingga rasa pedasnya lebih cepat hilang dibandingkan dengan meminum air dingin. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa capsaicin yang terdapat pada air hangat.

Sebenarnya salah satu penyebab hilangnya efek pedas sementara ketika kita meminum air dingin karena es adalah anestasi lokal, jadi pada saat meminumnya, syaraf-syaraf lidah kita akan mati rasa untuk itulah kita tidak bisa merasakan rasa pedasnya hanya sementara dan setelah beberapa saat pasti rasa pedasnya akan bertambah berkali-kali lipat.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa pedas diantaranya dengan mengkonsumsi nasi putih, selai kacang, susu, mentimun dan kamu juga bisa meminum minuman yang didalamnya mengandung asam.