Inilah 5 Faktor Utama Penyebab Remaja Terjerumus pada Pergaulan Bebas

advertise here
Pergaulan bebas sangat identik dengan para remaja dan diusia mereka ini mereka akan mengenali jati diri mereka sehinga mereka akan melakukan atau mencoba hal-hal yang baru. Namun tahukan kamu pergaulan bebas terjadi akbat banyak factor dan hal inilah mengapa pergaulan bebas ini sangat sulit dicegah oleh para orang tua.

Berikut ini saya akan menggulas penyebab pergaulan bebas pada remaja yang sudah menular dibanyak remaja yaitu;

1. Faktor Ekonomi

Factor ekonomi adalah salah satu mendasar sampai para remaja terjerumus dalam pergaulan bebas sebab factor ekonomi ini jika sangat dibawah akan mudah bagi mereka diiming-imingi uang begitupun bagi orang yang memiliki ekonomi yang cukup sebab jika orang tua sering memanjakan anak mereka dengan uang banyak maka hal ini juga akan membuat mereka terjerumus dipergaulan bebas mereka akan melakukan banyak hal berpesta atau lain-lain. Sehinga sangat perlu untuk para orang tua agar memberikan hal-hal yang penting umtuk kebutuhannya.

2. Faktor lingkungan sosial

Factor lingkungan akan menjadi salh satu factor mengapa anak akan terjerumus di pergaulan bebas dan menurut John Locke bahwa pengetahuan manusia akan di dapat melalui pengalaman dan pengamatan alat indra tentang dunia luar mereka. Dalam artian bahwa lingkunga sosial akan sangat berpengaru pada anak remaja. Sehinga harus perlu orang tua dalam mencegah hal tersebut sebab cepat atau lambat remaja akan terus mencari jati dirinya dan akan terikat pada lingkungan pergaulan yang membuatnya nyaman dibandingkan dirumahnya itu sendiri.

3. Faktor kurangnya pendidikan

Pendidikan memang akan membentuk karakter baik pada anak dan hal ini akan berpengaruh untuk anak sebab anak jika kurang diberikan ajaran yang baik meraka atau kurang perhatian maka mereka akan cepat terpangaruh dan pendidikan ini juga bila kurang tepat untuk dirinya dalam mengasah kreatifitas dirinya akan mudah pula dia terpengaruh. Sehinga sangat bijaklah para orang tua dalam memberikan pendidikan atau perhatian entah dirumah atau di tempat ia belajar.

4. Faktor kurangnya pengetahuan agama

Hal yang sangat penting juga untuk diberikan kepada anak adalah pendidikan agama namun jika pengetahuan agama ini kurang ia dapatkan maka tidak menutup kemungkinan anak akan cepat terpengaruh dalam pergaulan bebas sehinga pendidikan agama akan menjadi pedoman atau pegangan mereka dalam melakukan banyak hal.

5. Keluarga penyebab pergaulan bebas

Peran keluarga dalam mencegah pergaulan anak memang sangat penting namum orang tua ini bisa juga menjadi penyebab mereka terjerumus dalam pergaulan bebas sebab jika kedamaian dalam rumah sudah tidak harmonis lagi sehinga membuat ia menjadi kurang perhatian maka akan membuat anak menjadi prutasi dan akan terbuka pintu pengaulan bebas untuk dirinya. Selain itu dari keluarga akan banyak yang akan ia dapatkan dibandingkan di lingkungan luar.
BERIKAN KOMENTAR ()