3 Cara Mencegah Pergaulan Bebas Pada Remaja, Pahami Sebelum Anak Remaja Terjerumus

advertise here
Dijaman yang semakin modern ini pergaulan bebasa memang sangat merajalela, yang dimana orang tersebut memiliki perilaku yang menyimpang dalam cara ia berinteraksi dengan orang lain. Pergaulan bebas itu sendiri terdiri dari dua suku kata yaitu pergaulan dan bebas yang dimana pergaulan disebut sebagai interaksi sosial dan bebas daalam artian sikap atau perilaku yang sudah melewati batas norma dan hokum yang berlaku.

Remaja adalah sering kali identik dengan pergaulan bebas itu sendiri dan remaja ini cepat terjangkit oleh perilaku yang menyimpang ini. Sehinga sangat perlu bagi peran orang tua atau keluarga mereka dalam mengawasi perilaku anak dalam bergaul dengan kerabatanya atau dengan orang lain agar tidak terjerumus dijalan yang salah, sebab jika sang anak sudah terjangkit atau sudah ikut-ikutan maka sangat sulit bagi orang tua atau orang terdekat untuk menghentikan perilaku menyimpang ini sehinga perlu adanya pencegahan dari awal meskipun hal ini sangat sulit dilakukan orang tua.

Kali ini saya akan membagikan cara untuk mengatasi pergaulan bebas pada remaja dan semoga hal ini bisa bermanfaat bagi orang tua atau orang terdekat mereka dalam melindungi anak mereka dalam pergaulan bebas yaitu sabagai berikut;

1. Menjelaskan dampak buruk pergaulan bebas

Orang tua dalam pencegahan pergaulan bebas ini sangat penting sebab hanya orang tua yang lebih dekat dengan mereka jadi disini orang tua harus lebih dini mengajarkan anak atau menjelaskan kepada sang anak bahwa pergaulan bebas ini berdampak sangat buruk bagi dirinya dan orang tua harus lebih dekat dengan mereka.

2. Memberikan ruang bergaul yang tepat

Dalam usia yang masih sangat labil ini mereka akan mengenali jati diri mereka sehinga mereka sering melakukan hal-hal yang baru dan disinlah peran orang tua harus pandai memilih dalam dalam proses pengenalan jati dirinya dan berikan tempat ia dalam mengembangkan kreatifitasnya selain itu orang tua juga harus terus memberikan motifasi pada mereka apapun itu selama itu berhubungan kreatifitas mereka.

3. Memberikan pendidikan yang tepat

Dalam pergaulan bebas memang tempat pendidikan akan sangat perpengaruh dalam mengatasi pergaulan bebas sebab ia akan menjumpai orang-orang yang mungkin akan mempengaruhi dirinya. Sehinga para orang tua dalam memilih tempat pendidikan upayakan untuk menempatkan anak kamu ditempat yang bisa mengasah kreatifitasnya karakternya dengan baik.
nya.

Semoga hal ini bisa membantu para orang tua dalam melindungi anak dari pergaulan bebas karena hanya orang tualah yang mampu dan bisa memberikan pemahaman kepada mereka dan berikan mereka hal-hal positif dan terutama jangan terlalu menekan atau meng-intimidasi mereka sebab hal ini pula menjadikan mereka ruang dalam bergaul (pergaulan bebas).
BERIKAN KOMENTAR ()