Waspadalah! Buah Ini Mirip Apel, Tapi Ternyata Mengandung…

advertise here
Waspadalah! Buah Ini Mirip Apel, Tapi Ternyata Mengandung…
Bikinheboh.web.id – Jika kita perhatikan, ternyata banyak juga buah yang mempunyai kembarannya. Tetapi kembarannya ini memang benar-benar tidak untuk dikonsumsi. Melainkan sebagai tumbuhan biasa saja.

Salah satu tumbuhan yang mempunyai kembaran atau mirip dengan buah lainnya ialah buah apel. Buah apel jika dilihat dari bentuk dan warnanya, sangat mirip dengan buah Manchineel.

Walaupun sama, tentu buah ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Jika buah apel rasanya segar, gurih dan manis saat dikonsumsi. Berbeda dengan buah Manchhineel yang sangat beracun, ya betul. Bahkan sangat beracun!

Jika seseorang tak sengaja memakan buah ini, maka akan timbul gejala rasa tidak enak pada mulut. Mulut seperti dirobek-robek, kemudian tenggorokan serasa terbakar karena rasa pedasnya. Kemudian yang paling fatal ialah menyebabkan kematian secara mendadak, karena sesak nafas.

Tak heran dengan kesangaran dari buah ini yang sangat beracun, Guinness Book of Record menobakannya sebagai buah paling berbahaya di dunia.

Manchineel yang juga disebut dengan istilah Hippomane Mancinella adalah spesies tanaman berbunga yang termasuk dalam jenis spurge (Euphorbiaceae), dan satu-satunya spesies jenis monotypic Hippomane.

Manchineel aslinya berasal dari Florida di Amerika Serikat, Bahama, Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Nama "Manchineel" secara spesifik disebut juga Mancinella. Nama ini dari bahasa Spanyol (manzanilla - little apple).

Masa kini pohon tersebut mendapat julukan manzanilla de la muerte yaitu "apel kecil kematian". Hal ini mengacu pada fakta bahwa manchineel adalah salah satu pohon paling beracun di dunia.

Idealnya phon ini dapat tumbuh hingga 15 meter. Kulitnya berwarna keabu-abuan, daunnya hijaum mengkilap dengan bunga kehijauan pula. Buahnya mirip dengan buah apel, yaitu berwarna hijau atau kuning kehijauan bila sudah matang.

Tidak ada bagian dari pohon ini yang dapat dikonsumsi. Semua bagian pohon pure mengandung racun yang sangat mematikan. Walau demikian ternyata masih banyak yang belum teridentifikasi dari pohon ini. getah pohon Manchhineel mengandung phorbol dan unsure berbahaya lainnya yang dapat menebabkan iritasi pada kulit serta alergi yang kuat.

Jika saat hujan kamu berdiri di bawah pohon ini, lalu airnya terkena kulit, maka kulit akan terasa terbakar. Jika hanya tetesan saja, maka kulit akan melepuh. Jika pohon dan daun dari Manchhineel dibakar, asapnya akan menyebabkan kebutaan jika terkena mata.

Memang benar-benar buah yang sangat berbahaya dan patut diwaspadai. Kayaknya gaya mematikan buah ini mirip-mirip kopi sianida yaa.

Bagaimana pendapatmu tentang hal ini, silahkan tulis di komentar!
BERIKAN KOMENTAR ()