WARNING! Modus Kejahatan Terbaru di Mesin ATM Tahun 2016

advertise here
Modus penipuan di ATM
Bikinheboh.web.id – Beragam modus kejahatan yang pernah terjadi di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Untuk itu sebagai pengguna mesin ATM dalam melakukan transaksi patut mewaspadai berbagai modus kejahatan itu. Pasalnya kejahatan yang dialamatkan kepada pengguna mesin ATM kembali marak.

“Kalau untuk ATM. Dulu memang udah pernah, tapi sekarang mulai lagi, yakni nempel call center pake nomor HP,” kata Direktur Pelayanan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sondang Martha Samosir di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Modus kejahatan kali ini pelaku memanfaatkan kepanikan pengguna ATM saat kartunya bermasalah dalam bertransaksi. Permasalahan yang kerap terjadi biasanya berupa kartu yang tertelan, tertahan, kartu tidak keluar-keluar, uang yang tidak keluar dan lainnya.

“Biasanya orang akan panik, dia telepon dan akhirnya terjebak,” sambung Sondang.

Sebagai solusinya agar tidak terjebak pada sebuah penipuan jenis ini, Sondang meminta agar nasabah menyimpan nomor call centre bank milik masing-masing. Sehingga, pas terjadi masalah, ia tak panik dan langsung menelepon call centre yang sebenarnya.

Bukan hanya itu saja, selain modus penipuan dengan menempelkan nomor yang saja, ternyata juga ada kejahatan lain di ATM, yaitu berupa penukaran kartu ATM palsu.

“Ada lagi yang mengatakan saya merasa kartu saya di kantong, kok uangnya hilang. Ternyata kartu saat dia mengambil ATM, ditabrak, kartunya diganti dan yang dikantongnya kartu yang beda,” lanjut Sondang.

Kejadian semacam itu biasa terjadi di rumah sakit. Motifnya sama, yaitu memanfaatkan kepanikan nasabah atau korban yang sedang panic dan tidak sadar.

Terkait hal ini, tak luput Sondang meminta agar bank lebih responsif dalam menindaklanjuti kasus berkaitan dengan penggunaan ATM dari nasabah.

“Kadang-kadang call center jaka sembung naik kodok. Kaga nyambung. Ketika ditanya, nama saudara, ibu kandung, keburu bablas (hilang),” kata Sondang.

Harusnya, lanjut Sondang, ada solusi yang dapat mepermudah pengurusan ATM tertelan, hal ini tentu saja diperuntukan kepada jaminan keamanan antara satu sama lain, baik nasabah dan bank terkait.
WARNING! Modus Kejahatan Terbaru di Mesin ATM Tahun 2016
WARNING! Modus Kejahatan Terbaru di Mesin ATM Tahun 2016
WARNING! Modus Kejahatan Terbaru di Mesin ATM Tahun 2016

Jangan ragu-ragu untuk share artikel ini kepada teman-teman sosial media kamu, agar mereka tahu tentnag kejahatan baru di mesin ATM seperti yang telah diuraikan di atas.
BERIKAN KOMENTAR ()