Tips Sederhana untuk Mengetahui Jantung Kamu Sehat atau Tidak

advertise here
Tips Sederhana untuk Mengetahui Jantung Kamu Sehat atau Tidak
Kamu pasti bingung kan bagaimana mencari tahu bahwa jantung kamu bermasalah atau tidak? Sebenarnya ada sebuah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jantungmu bermasalah atau tidak dan tentunya cara ini bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja baik itu di rumah, mesjid. Caranya cukup kamu duduk di lantai dengan kaki diluruskan ke depan sehinnga jari-jari kaki kamu menghadap ke atas dan setelah itu raih ujung kaki kamu dengan tangan.

Bagi kamu yang bisa meraih ujung kaki dengan tangan maka jantung kamu masih sehat. Sedangkan bagi kamu yang kesulitan untuk meraih ujung kaki dengan tangan silahkan untuk menghubungi dokter spesialis jantung atau kardiolog untuk memeriksa jantung kamu. Untuk kamu yang sering mengalami nyeri di dada, sering mengeluarkan keringat dingin itu merupakan tanda bahwa kamu sakit jantung.

University of North Texas beserta sejumlah peneliti jepang melakukan percobaan dengan 526 partisipan yang usianya 20 hingga 83 tahun. 526 partisipan tersebut melakukan tes fleksbilitas tubuh sambil di ukur tekanan darah, pembuluh arteri dan aktivitas jantungnyan dan hasilnya para peneliti mendapatkan korelasi anatara tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tidak fleksibel, paling banyak terjadi pada pasrtisipan yang berumur di atas 40 tahun berdasrkan hasil penelitian bahwa mereka yang gagal memiliki pembuluh darah yang kaku artinya bahwa kemampuan jantung menjadi lebih kurang efesien dan sangat beresiko untuk mendapatkan penyakit jantung. Penelitian ini terdapat dalam jurnal Heart and Circulatory Physiology.

Seorang dokter dari jepang yaitu Dr Yamamoto mengungkapkan bahwa otot punggung dan kaki dengan otot dekat jantung masih samar-samar tapi berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa sedikit membantu. Biasanya kekakuan otot punggung, kaki dan pembuluh jantung yang paling berhubungan disebabkan oleh komposisi kolagennya yang sama.

"Jika Anda bisa menyentuh jari kaki saat duduk lurus, jantung Anda berarti masih cukup baik. Tapi jika tidak bisa, mungkin Anda perlu mendatangi kardiolog," ungkap Dr Yamamoto. Tapi tidak selamanya otot kaku merupakan pertanda penyakit jantung hal itu mungkin terjadi karena jantungnya kurang fit saja. Lanjut Yamamoto.
BERIKAN KOMENTAR ()