Ternyata Inilah Bahaya Lari Menggunakan Jaket

advertise here
Ternyata Inilah Bahaya Lari Saat Menggunakan Jaket
Kamu pasti pernah melihat orang yang berlari pada siang maupun sore hari menggunakan jeket?  Dan kamu pun mungkin berpikir itu merupakan salah satu trik untuk menurunkan badan dengan cepat. Tapi, hal tersebut sebenarnya tidak ada gunanya sama sekali bahkan jika kamu melakukannya secara terus-menerus itu akan sangat berbahaya pada tubuh.

Zaini Siregar merupakan dokter spesialis kedokteran olahraga dari Royal Medicine Center Jakarta mengatakan bahwa ketika kamu berlari memakai jeket kamu akan kekurang cairan atau dehidrasi karena cairan yang dikeluarkan dari tubuhmu pada saat berlari memakai jeket tidaklah sedikit bukan hanya itu saja suhu tubuh kamu akan tinggi yang bisa menyebabkan heat stroke apabila kamu tidak sesegera mungkin mengkonsumsi cairan.

Ketika kamu berlari secara otomatis suhu tubuh kamu pasti akan naik. Tapi, hal itu bisa dicegah dengan keringat karena dengan berkeringat itu bisa membantu mendinginkan suhu tubuh kamu. Ketika kamu dehidrasi maka suhu tubuh kamu akan naik tunggi melebihi 40 derajat Celsius dan bisa menyebabkan heat stroke.

Menggunakan jaket ketika suhu tubuh kamu tinggi itu akan memperparah kondisi tubuhmu dan saat cairan ditubuhmu tidak stabil maka darah akan berubah menjadi kental hal itu bisa mengganggu edaran darah keseluruh tubuh termasuk jantung bahkan otak. Ciri-ciri dari heat stroke ini yaitu pandangan mulai berkunang-kunang, wajah pucat, dan tangan pun akan menjadi dingin bahkan ada juga yang bisa sampai tidak sadarkan diri. Penyakit heat stroke ini sering kali terjadipada pelari jarak jauh.

Zaini mengungkapkan bahwa ketika kamu berlari menggunakan jaket itu memang bisa dengan cepat menurunkan berat badan tetapi itu hanya bersifat sementara. Karena ketika kamu berlari menggunakan jaket maka cairan akan keluar dari tubuh tapi itu tidak akan bertahan lama. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh dokter Zaini ketika melakukan penelitian pada 1 orang yang melakukan olahraga dengan memakai jaket, setelah orang tersebut berolahraga berat badannya pun turun tapi setelah itu dia minum dan menimbang lagi setelah dilihat berat badannyapun naiklagi menjadi semula. Jadi kamu harus tau bahwa melakukan olahraga dengan memakai jaket itu tidak ada gunanya sama sekali.

Kita tidak bisa pungkiri bahwa berlari bisa menurunkan berat badan dan hal itu tidak ada sangkut-pautnya dengan memakai jaket. Oleh sebab itu Zaini memberikan saran bahwa ketika kamu berlari pakailah pakaian yang santai tidak terlalu tebal serta bisa menyerap keringat dan juga pastikan untuk meminum air putih maupun isotonic serta minuman olahraga yang bisa membuat kamu terkena dehidrasi ketika berlari.
BERIKAN KOMENTAR ()