Pengaruh Buruk Stres Bagi Kecantikan Kulit

advertise here
Pengaruh Buruk Stres Bagi Kecantikan Kulit
Tahukah kamu bahwa stres itu bisa membawa pengaruh negatif  terhadap kesehatan tubuh. Ada banyak sekali penyebab masalah kulit misalnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur dan stres. Stres adalah suatu keadaan dimana kamu mengalami gangguan emosi sehingga menyebabkan terganggunya sistem tubuh. Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana bisa stres bisa berdampak buruk bagi kulit kamu? Nah, dibawah ini aku akan sedikit jelaskan beberapa dampak buruk stres pada kecantikan kulitmu.

1. Stress bisa mengganggu pola tidur

Kamu pasti tahu bahwa dengan tidur  teratur bisa bermanfaat untuk meremajakan sel-sel kulit. Tapi jika kamu stres pasti hal itu bisa menggangu tidur kamu dan itu bisa menyebabkan masalah pada kulit kamu. Terutama pada area sekitar mata akan berubah menjadi kendur dan tidak bersinar seperi biasanya.

2. Kerutan

Timbulnya kerutan dikulit kamu merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan oleh stres. Hal itu terjadi karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh dan perubahan hormon tersebut bisa berdampak pada peningkatan tekanan darah dan terjadinya kontraksi pembuluh darah. Dan hal ini bisa membuat otot kamu bisa mengkerut sehingga kerutan-kerutan yang ada diwajahmu perlahan akan muncul.

3. Terganggunya keseimbangan hormon

Terganggunya keseimbangan hormon juga salah satu dampak dari stres. Hal ini terjadi ketika kamu mengalami stres yang sangat parah sehingga menyebabkan darah mengalir menjauh kulit dan menuju ke organ tubuh lainnya. Sedangkan kita tau bahwa kulit juga termasuk organ yang membutuhkan darah secara teratur. Kulit sangat membutuhkan asupan nutrisi serta oksigen tanpa dua hal tersebut kulit bisa mengalami malnutrisi. Untuk itu, kamu harus bisa mengontrol emosi agar terhindar dari stres.

4. Kulit kering

Kulit kering juga bisa muncul akibat stres yang berlebihan. Kulit kering ini juga sumber dari berbagai masalah, seperti inflamasi, hiperpigmentasi, dan jerawat bisa timbul akibat kulit kering. Jika kamu kulit kamu kering dalam waktu yang lama, maka lapisan telurnya akan berubah menjadi sangat tipis dan dengan kulit tipis maka pertahanan kulit kita pada sinar ultraviolet akan melemah. Dan salah satu penyebab utama dari penyakit kanker kulit yaitu sinar ultraviolet. Ketika kamu mengalami stres, ingatlah untuk selalu meminum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Itulah beberapa informasi tentang dampak buruk stres bagi kecantikan kulitmu. Semoga dengan membaca artikel ini kamu lebih bisa memperhatikan kulitmu dan sebisa mungkin untuk selalu menghindari stres yang berlebihan karena stres yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh dan kulitmu.
BERIKAN KOMENTAR ()