Mengapa Wanita Lebih Sulit Turun Berat Badan Dibandingkan Laki-laki? Inilah Penjelasannya!

Mengapa Wanita Lebih Sulit Turun Berat Badan Dibandingkan Laki-laki? Inilah Penjelasannya!
Mengapa Wanita Lebih Sulit Turun Berat Badan Dibandingkan Laki-laki? Inilah Penjelasannya!
Bikinheboh.web.id – Sebuah studi mengungkapkan bahwa ternyata wanita itu memang lebih sulit menurunkan berat badan ketimbang laki-laki. Hal ini memang benar adanya. Seperti yang disampaikan oleh para peneliti dari Universities of Aberdeen and Cambridge. Hal demikian terjadi karena terdapat efek hormon yang dimiliki oleh wanita dan diatur oleh otak.

Dalam sebuah penelitian ini, Dr Lora Heisler dan Dr Luk Burke dari Rowett Institute of Nutrition and Health menggunakan tikus jantan dan betina. Sementara para tikus jantan berhasil menurunkan berat badan, efek serupa tak dialami oleh tikus betina.

"Kami menemukan bahwa bagian otak yang berpengaruh terhadap pembakaran kalori memiliki kinerja berbeda antara wanita dan pria," ungkap Burke, seperti dikutip dari News Max Health, Jumat (5/2/2016).

Untuk membuktikan hal ini lebih lanjut, Burke mengungkapkan, hormon yang dimaksud adalah hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur nafsu makan, aktivitas fisik, pengeluaran energi dan penurunan berat badan. Hormon ini diproduksi di bagian otak dan disebut sebagai peptida pro-opiomelanocortin (POMC).

Peneliti mencoba untuk menguji cara kerja hormon peptida POMC pada tikus betina. Ditemukan bahwa jika hormon ini ditambah, para tikus mengalami peningkatan berat badan secara signifikan namun mereka tetap tak bisa membakar kalori lebih efektif.

Dengan adanya penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa cara kerja hormone tersebut membuat wanita lebih sulit mengatur pembakaran energy dan aktifitas fisik.

Sebab itulah mengapa wanita lebih gampang mengalami kenaikan berat badan secara sifnifikan, namun sulit untuk menurunkannya kembali.