Jika Kamu Rajin Bernyanyi, Maka Ini yang Akan Kamu Dapatkan Saat Tua Nanti

Jika Kamu Rajin Bernyanyi, Maka Ini yang Akan Kamu Dapatkan Saat Tua Nanti
Jika Kamu Rajin Bernyanyi, Maka Ini yang Akan Kamu Dapatkan Saat Tua Nanti
Semua orang pasti punya saat-saat untuk suka bernyanyi. Bahkan di kamar mandi pun orang suka bernyanyi. Bernyanyi tidak membutuhkan energy yang banyak. Cukup dengan mengeluarkan suara dan dibarengi dengan sedikit nada indah maupun sumbang, maka terbentuklah sebuah nyanyian. Bernyanyi juga merupakan salah satu jalan untuk melepas kepenatan, stress dan salah satu cara terbaik untuk menghibur diri.

Lalu apa hubungan antara bernyanyi dan masa tua? Setiap insan yang bernyawa pasti akan mengalami masa tua. Pada masa itu pula segala hal yang tidak didapati saat muda akan dialami, salah satunya menjadi pikun. Bagi yang masih muda-muda, saatnya berbenah diri agar tidak menjadi pikun di masa tua nanti.

Ketika sudah tua, maka pikiran pun ikut terhambat. Nah, untuk mempertahankan kemapuan otak di masa tua, maka dibutuhkan solusinya saat umur masih muda, salah satu solusinya ialah dengan bernyanyi.

Sebagaimana yang dilansir oleh Health.com, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bernyanyi akan meningkatkan fungsi otak dan mood seseorang. Sehingga dengan begitu menurunan kemampuan otak dapat diperlambat.

Dalam penelitian lain dikumpulkan 89 orang partisipan yang mengidap pikun ringan hingga pikun sedang. Dalam waktu 10 minggu mereka diberikan tugas membiasakan diri untuk bernyanyi, mendengar lagu dan menerima perawatan standar dalam melawan pikun.

Hasilnya ialah mereka yang termasuk dalam kelompok bernyanyi ternyata mempunyai peningkatan kemampuan untuk mengingat dan kemampuan dalam berpikir yang lebih tinggi dibandingkan kelompok yang lain. Sehingga para peneliti menarik kesimpulan bahwa bernyanyi dan mendengarkan musik dapat membantu menurunkan depresi pada pasien, terutama bagi mereka yang menderita gejala Alzheimer ringan.

Maka dari itu ambillah kesempatan bernyanyi disetiap kamu melakukan sesuatu yang santai. Entah itu menyapu halaman, membersihkan ruangan, mencuci piring, dan lain sebagainya. Kamu tidak perlu memiliki suara yang bagus untuk bernyanyi. Jika itu kamu lakukan, maka kamu telah mengambil kesempatan dan memilih untuk tidak pikun di masa tua nanti.