Jangan Buang Kulit dari 5 Buah Ini, Ternyata Inilah Manfaatnya

Jangan Buang Kulit dari 5 Buah Ini, Ternyata Inilah Manfaatnya
Jangan Buang Kulit dari 5 Buah Ini, Ternyata Inilah Manfaatnya
Bikinheboh.web.id – Banyak orang yang suka makan buah-buahan, tetapi tidak dengan kulitnya. Apalagi jika kulit dari buah tersebut memang benar-benar bukan untuk dimakan. Alasan lainnya, karena memang kulit dari buah tertentu dianggap tidak enak. Padahal, beberapa buah yang ada, memiliki kulit yang sangat berguna bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Beberapa kulit dari buah-buahan tidak kalah penting manfaatnya dari daginya. Sebut saja manfaatnya dapat melawan kanker, perawatan kulit, mengobati kanker, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, mulai sekarang kenali terlebih dahulu manfaat kulit dari buah-buahan berikut ini, atau kamu akan menyesal karena tidak memanfaatkannya dengan baik.

1. Kulit Apel

Tidak sedikit orang yang memilih mengupas kulit apel dan hanya memakan bagian dagingnya saja. memang, apel yang baru dipetik mengandung zat kimia yang bisa membahayakan, tetapi jika sudah dicuci bersih maka itu sudah cukup menghilangkannya.

Perlu kamu ketahui bahwa pada kulit aple mengandung antioksidan dengan jumlah yang sangat banyak. Zat ini sudah terbukti memiliki sifat anti kanker. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa kulit apel dapat mencegah perkembangbiakan beberapa jenis kanker dan mempermudah bagi seseorang yang sedang diet.

2. Kulit Lemon

Lemon dikenal dengan buah yang kaya akan vitamin C, dan kulit lemon itu mengandung senyawa yang mampu melawan kanker seperti salvestrol Q40 dan limonene. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition juga mengatakan bahwa kulit lemon dapat menurunkan kolesterol pada tubuh.

3. Kulit Anggur

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences mengatakan bahwa anthocyanin dalam kulit anggur memiliki sifat kardioprotektif dan dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Dalam studi lain yang dilakukan oleh Indian Journal of Pharmacology, mengatakan bahwa kulit buah anggur hitam memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

4. Kulit Pisang

Memang kulit pisang adalah salah satu yang tidak untuk dikonsumsi. Tetapi kulit pisang mengandung polifenol, karotenoid dan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan begitu kulit pisang dapat digunakan untuk melawan stress oksidatif dan pencegahan kerusakan pada sel.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Medical Association of Thailand mengatakan bahwa kulit pisang juga memiliki sifat anti inflamasi dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit inflamasi.

5. Kulit Jambu

Kulit jambu memang enak, kaya akan serat, mengandung antioksidan, dan enzim pektinase yang sangat penting untuk pencernaan. Pektinase juga dikenal dapat meningkatkan komposisi bakteri usus. Tak cukup sampai disitu kulit jambu memiliki sifat anti diabetes dan anti glycemic yang berarti dapat membantu mengontrol glukosa darah untuk mengelola diabetes.