Jagan Katakan 10 Kalimat Ini, Jika Tidak Ingin Masa Depan Anakmu Hancur!

advertise here
Jagan Katakan 10 Kalimat Ini, Jika Tidak Ingin Masa Depan Anakmu Hancur!
Setiap hari kita tidak pernah lepas dari yang namanya masalah. Masalah ini bisa muncul kapan saja, pemicunya pun bisa beragam, mulai dari pekerjaan, pergaulan, hubungan suami-istri atau juga masalah kenakalan anak. Hingga akhirnya masalah tersebut membuat orang tua tak mampu mengontrol diri yang mengeluarkan kata-kata yang tidak semestinya dihadapan anak-anak.

Namanya juga anak-anak, terkadang tindakan mereka membuat orang tua prustasi karena kewalahan mengatasinya. Lebih-lebih jika orang tua yang lelah selepas bekerja, tentu intensitas tubuh dan kejiwaanya mudah marah ketika melihat kenakalan anaknya.

Tak jarang orang tua pun terpicu dan menjadi emosi. Bahkan sampai mengeluarkan kata-kata kasar dan menyakiti perasaan anak yang dimarahinya. Kepada orang tua, hati-hati saat berkata-kata kepada anak, karena boleh jadi perkataan itu akan berdampak buruk bagi kejiwaan anak.

Otak dan pemikiran anak sangat fleksibel. Ia cenderung melakukan apa yang dikatakan dan diperbuat oleh orang tuanya atau lingkungannya. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam berkata-kata kepada anak, walaupun saat sedang marah. Tanpa disadari sebuah perkataan kasar akan berdampak buruk terhadap psikologis dan perkembangan anak.

Seperti yang dikutip dari Palingseru.com, para orang tua harus mengatahui dan berupaya menghindari perkataan-perkataan kasar berikut ini kepada anaknya:


  1. Kalau kamu nakal, mama akan meninggalkan kamu di sini
  2. Kalau kamu tidak nurut, berarti kamu bukan anak mama
  3. Gara-gara kamu mama dan papa bertengkar
  4. Kamu memang anak yang tidak berguna
  5. Terserah kamu, mama tidak perduli lagi dengan kamu
  6. Seharusnya kamu itu bisa pintar seperti teman kamu itu
  7. Seharusnya kamu malu dengan diri kamu sendiri
  8. Seandainya kamu tidak ada, pasti tidak akan terjadi semua ini
  9. Sudah! biar mama saja yang melakukannya, kamu memang tidak becus
  10. Jika kamu tidak nurut, berarti kamu bukan anak mama


Jika sedang memarahi anak, harusnya kata-kata di atas tidak sampai dikeluarkan kepada anak. Walau itu adalah salahnya sekalipun, perkataan tersebut harusnya dihindari. Anak-anak itu sangat labil, meski begitu mereka sangat responsive.

Jadi, jika tidak ingin merusak masa depan anak-anak, hendaknya para orang tua tidak mengeluarkan kata-kata kotor pada anaknya.
BERIKAN KOMENTAR ()