INILAH DAMPAK SUSU FORMULA PADA BAYI

INILAH DAMPAK SUSU FORMULA PADA BAYI
INILAH DAMPAK SUSU FORMULA PADA BAYI
Susu formula merupakan susu yang banyak di pakai oleh para ibu untuk menggantikan ASI. Memang benar bahwa susu formula juga bersumber dari ASI tapi tidakkah kamu berpikir bahwa segala sesuatu yang bersifat instan pasti sudah melalui banyak proses sehingga kehegenisannya harus dipertanyakan. Susu formula ini sudah melalui banyak proses yaitu dari susu kotak berubah menjadi bubuk yang kandungannya pun pasti sudah sangat berbeda dengan yang aslinya.

Ahli kesehatan dari surabaya, Lailatul Muniroh, M. Kes mengatakan bahwa sebelum ASI jadi bubuk dia melalui beberapa proses seperti disemprot ke ruang yang bersuhu 500 derajat celcius kemudian ASI yang disemprot  ke suhu tersebut akan berubah jadi bubuk dan apabila ASI tersebut ke suhu 100 derajat saja maka senyawa kimia organiknya pasti akan rusak. Nah, bagaimana jika disemprot pada suhu 500 derajat? Pasti hasil dari proses tersebut sudah tidak ada kandungan  gizinya sama sekali dan mungkin yang tersisa hanya baunya saja. WHO ( World Health Organization) merupakan badan kesehatan dunia yang mengatakan bahwa susu formula memang sangat tidak direkomendasikan sebagai pengganti ASI.

Sebenarnya bubuk ASI yang sering dipakai untuk menggantikan ASI tersebut sudah tidak ada kandungan vitamin dan gizinya. Suhu setinggi itu bisa menimbulkan reaksi pembentukan kimia negatif dalam bubuk ASI. Jadi jika ada pabrik-pabrik susu kotak serta bubuk yang mengatakan bahwa produk mereka bervitamin maka itu harus dipertanyakan lagi.

Hasil penelitian Global Health Center  menyebutkan bahwa di dalam bubuk ASI atau susu kotak terdapat 6 unsur kimia salah satunya yaitu antibiotik serta gastrointestinal peptides yang bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf biasanya dampaknya berbentuk alergi pada sang bayi. Pabrik-pabrik yang mengatakan bahwa produk susu mereka bervitaman itu hanya memasukan rekayasa vitamin, mineral serta protein ke bubuk ASI agar bisa membohongi konsumen.

Bernarkah jika pabrik-pabrik susu bubu atau susu formula tidak jujur? Berdasarkan beberapa penelitian mengatakan bahwa susu bubuk, susu kotak, itu sangat tidak baik untuk metabolisme tubuh manusia. Nah, bagaimana jika bayi meminumnya? Setiap kali sang bayi diberikan asupan susu formula biasanya bayi akan susah untuk BAB, alergi, batuk pilek, atau sesak nafas. Hal itu hanya berlaku untuk pemakaian jangka pendek. Bayangkan bagaimana jika jangkan panjang?. Untuk para orang tua harus berhti-hati dalam memilih minuman yang akan dikonsumsi oleh si buah hati karena pastinya setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak mereka.