Ingin Anak Jadi Sukses? Bantu dengan Melakukan 5 Hal Ini

advertise here
Ingin Anak Jadi Sukses? Bantu dengan Melakukan 5 Hal Ini
Bikinheboh.web.id – Secara umum kesuksesn itu tergantung pada kemampuan serta usaha dari masing-masing anak. Bukan berarti orang tua membiarkan begitu saja kepada anaknya. Justru orang tua harus mampu mengambil peran penting demi menunjang kesuksesan anaknya.

Kalau kamu pengen anakmu nantinya akan menuai sukses, cobalah bantu dia dengan menerapkan hal-hal berbuna berikut ini.

1. Beri harapan tinggi dan percaya pada anak

Jangan pernah meremehkan kemampuan anakmu sendiri. Percayalah pada kemampuannya. Itu sudah cukup membantu dia untuk lebih percaya diri dalam mengembahkan dirinya. Logikanya begini, jika kamu saja tidak percaya pada anakmu, bagaimana orang bisa mempercayai dia?

Berilah harapan yang tinggi pada anak. Agar dia akan bersemangat dan berjuang untuk memenuhi harapanmu itu. Percayalah pasti dia bisa, selalu dukung dia dari belakang. Namun, tentu saja perlu diperhatikan juga apa yang menjadi kemampuan anakmu itu, jangan terlalu muluk-muluk.

2. Jangan pernah remehkan anak, walaupun dia gagal

Jangan pernah membuat mental anakmu down. Ini akan merusak rasa percaya diri dia. Imbasnya dia akan kesulitan mengekspresikan sesuatu sesuai keinginannya. Jangan pernah menjelek-jelekkan perbuatannya, ayomilah dia. Berikan semangat yang dapat membuat dia tergugah lagi saat dia gagal.

Dengan begitu, dia akan pantang menyerah. Akan berusaha lebih keras lagi.

3. Luangkan waktu untuk quality time dengan anak

Hal ini dapat kamu lakukan saat sedang menonton TV bersama, atau ia sedang main game. Seimbangkan aktifitas tersebut dengan sesuatu yang bermanfaat. Misalnya pergi ke perpustakaan bersama, atau mengikuti/menonton berita bersama.

Jika dia sudah remaja, cobalah untuk berdiskusi seputar keadaan ekonomi keluargamu dan sedikit membahas politik, dengan dibumbuhi motivasi serta pelajaran agama.

4. Jangan terlalu memanjakan anak, jangan juga terlalu keras kepada anak

Dalam mendidik anak tidak harus memanjakannya dengan berbagai mainan dan segala macam, tidak juga memarah-marahinya dengan terlalu keras. Sebab hal ini kurang baik bagi mental anak. Terkadang kamu harus biarkan dia, agar dia dapat belajar untuk berjuang sendiri.

Dengan begitu, anak akan lebih tegar dalam menghadapi kehidupan di masa akan datang.

5. Jika kondisi keuangan baik, cobalah untuk memasukkan anak pada tempat-tempat kursus

Pantangan kedepan ialah masyarakat akan bersaing secara global. Untuk itu penggunaan bahasa universal pun akan menjadi tuntutan yang pasti. Maka dari itu, persiapkan anak sejak dini agar mempunyai modal bahasa, terutama bahasa Inggris.

Bukankah tugas orang tua memberikan yang terbaik untuk anaknya. Jika ingin anakmu bersaing dengan cepat bersama yang lainnya, minimal modal berhbahasa Inggrisnya inilah akan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya.

Segitu saja tips yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan anak agar menuai sukses dimasa akan datang.

Terkait hal ini, bagaimana pendapatmu? Tulis di komen.
BERIKAN KOMENTAR ()