Beginilah Tips Menghindari Begal Motor, dari Mantan Begal yang Sudah Bertobat

Beginilah Tips Menghindari Begal Motor, dari Mantan Begal yang Sudah Bertobat
Beginilah Tips Menghindari Begal Motor, dari Mantan Begal Motor yang Sudah Bertobat
Bikinheboh.web.id – Berbicara tentang begal motor tentu bikin ngeri yaa. Dewasa ini berbagai modus baru dalam aksi begal motor sering terjadi. Para begal tidak perduli lagi dengan waktu dan lingkungan. Entah itu di siang hari, malam hari apalagi, keberadaan begal perlu diwaspadai. Bahkan mereka bisa menyerang pada tempat yang sedang ramai sekalipun.

Seperti yang dilansir oleh koranopini.com, berikut beberapa tips untuk menghindari begal dari mantan begal yang telah insaf:

JANGAN TERLIHAT LESU

Begal cenderung menyerang pengendara yang terlihat lemah. Biasanya hal ini terjadi pada para karyawan yang baru pulang dari tempat kerja. Lebih-lebih pengendara motor adalah wanita. Yang kadang jika berkendara terlihat seperti mengantuk, lelah, dan tubuh agak miring seperti orang malas. Jadi, jangan berkendara saat mengantuk. Pastikan selalu mengajak teman untuk berkendara bersama.


JANGAN BERKENDARA DENGAN KECEPATAN KONSTAN (TETAP)

Sasaran empuk begal motor berikutnya ialah pengendara yang cenderung tidak mengubah kecepatan berkendaranya selama kurang lebih 5 menit sekali. Cobalah untuk memacu kecepatan dalam waktu-waktu dan kondisi lingkungan tertentu. Para begal akan berpikir panjang untuk membegali calon korban yang terlihat lihai berkendara dan jago memainkan kecepatan motornya.


MEMAKAI SPION DENGAN POSISI YANG TEPAT, SPION STANDAR NASIONAL

Hal ini mungkin terlihat sepele. Tetapi jika tidak diperhatikan maka akan berdampak buruk kepada pengendara motor tersebut. Perlu diketahui, bahwa para begal sangat suka dengan motor yang tidak mempunyai kaca spion, atau posisi dan bentuk kaca spion yang tidak berfungsi dengan baik. Karena mereka merasa tidak akan terpantau saat akan melakukan hadangan/begal.

MODIFIKASI MOTOR

Kondisi motor yang standard an tidak terlalu banyak modifikasi adalah salah satu daftar motor yang menjadi incaran para begal. Karena mudah dijual, sulit terpantau dan diketahui oleh pemiliknya.

Tips jika sedang dikjar bega!

Posisikan tubuh kamu membungkuk seperti pembalap motor professional. Sebab, pisisi seperti ini menyulitkan begal untuk memukul atau menebas tubuh calon korban.

Pacu kecepatan kendaraan dengan cepat dan berkendaralah dengan zig-zag saat akan atau sedang dipepet.

Jika begal masih mengejar, jagnan biarkan mereka mendahului motor kamu. Juga jangan diberi ruang kosong di samping kendaraan kamu. Jika kamu cukup berani, cobalah untuk pepet roda depan mereka dengan roda belakang kendaraan kamu.

Atau jika sudah terdesak, tending roda depan atau shock breaker depan kendaraan mereka. Jika kamu berhasil memberikan perlawanan yang berarti, maka begal akan berhenti mengejar kamu.


Perlu dicatat juga, saat dikejar, jangan berhenti di tempat yang cenderung ramai, baik itu di ruas jalan, di kios dan tempat lainnya. Boleh jadi kamu digiring kesana, yang notabenenya itu juga adalah komplotan mereka. Alangkah baiknya kamu mencari lokasi pos Polisi, pom bensin, minimarket, atau pos penjagaan kompleks perumahan. Sebab ditempat seperti itu kemungkinan terdapat kamera CCTV.