Agar Anak Rajin Menabung? Ajarkan dengan 3 Cara Ini

advertise here
Agar Anak Rajin Menabung? Ajarkan dengan 3 Cara Ini
Bikinheboh.web.id – Salah satu hal yang baik namun juga tidak mudah dilakukan adalah menabung. Lebih-lebih jika membiasakan anak agar dapat berhemat dan menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung. Pasti akan lebih seru jika anak-anak mampu melakukan hal ini secara rutin.

Namun, pada kenyataanya hal ini pun cukup sulit untuk dilakukan oleh seumuran anak kecil. Meski demikian, anak harus tetap diajarkan untuk menabung, demi pembelajaran kehidupannya di masa akan datang. Anak harus diajari bagaimana caranya mengelola uang, tanpa bantuan dari suapapun.

Mengajarkan anak untuk berhemat dan menabung sejak kecil adalah salah satu hal yang penting. Hal ini membuat mereka agar terbiasa untuk tidak boros dan teratur dalam mebelanjakan uang mereka.

Berikut ini 3 cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengajari anak agar dapat berhemat dan menabung:

Berikan uang saku per bulan

Biasanya orang tua memberi anaknya uang saku per hari, dan uang yang diberikan jumlahnya relative sedikit. Walaupun kamu memberi uang setiap hari sesuai sesuai kebutuhan anak, ini tidak akan mendidik anak untuk mengelola uang yang dimilikinya. Oleh sebab itu, cobalah memberikan uang saku setiap bulan atau seminggu sekali. Agar ia dapat belajar bagaimana cara mengatur pengeluaran uangnya. Dengan begitu, dia akan belajar berhemat.

Berikan tempat penyimpanan uang

Cobalah menyediakan sebuah celengan dengan karakter kesukaanya sebagai tempat ia menyimpan yang sudah dia sisihkan. Ajarkan dia  untuk secara rutin menyisihkan sedikit uang dan menaruhnya langsung pada tempat yang sudah disediakan.

Jadilah contoh yang baik

Kita tahu bahwa anak itu cenderung mengikuti apa yang dia lihat, dibandingkan apa yang dia dengar. Entah seberapa keras usahamu untuk mengajarkannya menabung dan berhemat, jika tidak ada contoh dari keluarga atau orang-orang terdekatnya, maka akan sangat sulit mengajarkannya untuk melakukan hal itu pula. Oleh sebab itu, jika ingin anak berhemat dan menabung. Maka hendaknya kamu dahulu yang mulai menabung, memasukkan sejumlah uang pada tabunganmu sendiri. Perlihatkan kepada anak, agar mereka mengikutinya.

Demikian informasi kali ini, silahkan bagikan kepada keluarga yang lain. Agar anak-anak mereka juga menjadi generasi yang gemar berhemat dan menabung.
BERIKAN KOMENTAR ()