Karena Sinetron Anak Jalanan, Bocah Ini Ciuman dan Minta “Ninja” Sama Mamanya

advertise here
Karena Sinetron Anak Jalanan, Bocah Ini Ciuman dan Minta “Ninja” Sama Mamanya
BikinHeboh – Dewasa ini memang sudah banyak sinetron yang mendapat kritikan dari berbagai kalangan. Tetapi, kelihatannya tidak ingin digubris oleh pihak ‘pembuat’ sinetron-sinetron tersebut. Kritikan yang masuk itu berupa suatu upaya perlawanan public terhadap kebanyakan sinetron yang mempertontonkan adegan yang tak seharusnya disaksikan oleh anak-anak.

Dampat lainnya, sinetron tersebut mampu mempengaruhi gaya berpikir anak kecil yang membuat mereka tidak fokus pada kewajiban mereka untuk bersekolah dan justru mementingkan hal-hal yang tidak sewajarnya dilakukan oleh anak-anak sekolahan yang semestinya.

Salah satu sinetron yang begitu mendapat banyak kritikan ialah Anak Jalanan. Sinetron ini mempertontonkan anak sekolahan dengan bumbu-bumbu cinta dan geng motor. Bagi orang dewasa yang berpikir secara benar dan matang mungkin akan menganggap bahwa sinetron Anak Jalanan hanyalah sebuah acting belaka, adegan film yang semata-mata untuk menghibur. Namun, berbeda dengan anak-anak, dengan jiwanya yang masih labil, tontonan semacam itu sangat mungkin mengubah pola pikir mereka.

Buktinya pada dua bocah yang masih kecil-kecil ini. Baru usia yang masih bau kencur, kedua boca ini sudah menjalin hubungan asmara dengan melakukan adegan ciuman selayaknya gaya pacaran dua remaja (dewasa) lebay yang kasmaran. Tidak cukup sampai disitu, 2 anak yang seharusnya memikirkan pelajaran sekolahnya ini sangat berani mengunggah foto mereka ke khalayak public melalui akun media sosialnya.

Karena Sinetron Anak Jalanan, Bocah Ini Ciuman dan Minta “Ninja” Sama Mamanya

Tentu kita telah mendengan istilah “Monkey see monkey do”, dan terbukti istilah itu masih berlaku. Anak-anak cenderung menirukan dan melakukan apa yang mereka lihat. Jelas pada foto di atas, kedua bocah tersebut mengaku ingin meniru adegan pacaran yang ada di sinetron Anak Jalanan. Yaitu, adanya adegan ciuman dan kejar-kejaran dengan motor besarnya.

Hal ini jelas terbukti dari tulisan oleh bocah tersebut pada fotonya "Sudah kayak Boy dan Reva. Tinggal minta (motor) Ninja sama mama,". Kalau pola pikir anak-anak sudah sedemikian parah seperti itu, apa jadinya generasi harapan bangsa ini?

Foto tersebut telah menjadi viral di media sosial dan telah membuat banyak orang dewasa turut prihatin, hingga menuai berbagai kecaman dari para netizen. Para penggiat media sosial menyayangkan sikap Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dinilai seakan-akan membiarkan sinetron tidak berbobot ini tayang begitu saja tanpa ada pengawasan. Banyak juga yang mengaggap bahwa KPI tidak selektif dalam mengelola pertelevisian di Indonesia.

Berikut kicauan-kucauan dalam menanggapi fakta ini di media sosial:
"Selamat datang di Indonesia, di mana tayangan orang pacaran di sinetron geng motor nggak disensor, giliran Sandy spong bob si tupai malah disensor. genius indonesia," ujar akun Ovick Kovacic.

"Yah mari kita berterima kasih sebanyak2nya kepada KPI yg telah membiarkan Sinetron tak mendidik dengan leluasanya tayang. Sedangakn kartun2 yang memang seharusnya dikonsumsi oleh mereka malah dikecam penayangannya, sekali lagi terimah kasih KPI atas kebodohan yang dilakukan," kata akun Rio Saputra dengan nada pedas menyindir KPI.

Kalau menurut kamu dengan adanya kejadian semacam ini, apa yang harus dilakukan?
Silahkan tulis komentarmu di kolom komentar. Jangan lupa bagikan juga artikel ini pada teman sosial media kamu.
BERIKAN KOMENTAR ()