Jangan Diabaikan, Inilah Kebiasaan Buruk yang Bikin Ginjal Rusak

Jangan Diabaikan, Inilah Kebiasaan Buruk yang Bikin Ginjal Rusak
Jangan Diabaikan, Inilah Kebiasaan Buruk yang Bikin Ginjal Rusak
BikinHeboh – Siapa yang tidak mengenal ginjal? Organ tubuh satu ini merupakan salah satu organ yang paling vital yang perlu dijaga kesehatannya. Salah satu fungsi ginjal ialah mengeluarkan zat-zat beracun. Tidak hanya itu saja, ginjal juga memiliki banyak fungsi lainnya, tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kalau kamu benar-benar saying dengan ginjalmu dan tetap ingin membuat ia berkerja sebagaimana mestinya, maka menjaga dan melindungi kesehatan ginjal adalah satu hal yang mutlak. Maka dari itu, menjaga gaya hidup dan makanan yang sehat adalah hal yang sangat penting diperhatikan.

Berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab buruknya kesehatan pada ginjal. Tanpa disadari banyak orang sering melakukan hal ini. Padahal jika dibiarkan berlama-lama dan kebiasaan ini terus dilakukan berulang-ulang kali, maka jelas kesehatan ginjal akan terganggu. Lebih parahnya lagi ginjal akan tidak bekerja sebagaimana fungsinya, yang kemudian disebut dengan gagal ginjal.

Pengen tahu apa saja kebiasaan buruk yang bikin ginjal kamu rusak? Berikut 4 kebiasaan yang sering tidak disadari menjadi penyebab buruknya kesehatan pada ginjal, yang juga mengakibatkan penyakit pada ginjal, seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

1. Kurang Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa kurang mengkonsumsi air putih dapat memicu terjadinya kerusakan ginjal. Mengapa demikian? Karena ginjal sangat membutuhkan air untuk melancarkan fungsinya. Jika tubuh kamu kekurangan air, maka racun dalam darah akan mulai terkumpul karena kurangnya cairan di dalam darah yang memusnahkan segala racun tersebut melalui ginjal.

Jadi, pastikan kamu minum air putih yang cukup setiap hari, yaitu sebanyak 8 liter air. Begitulah anjuran dokter, kan? Atau sekitar 10-12 gelas air putih setiap hari. Kamu juga dapat mengidentifikasi diri kamu kalau ternyata kamu itu kekurangan air putih, yaitu dengan cara melihat warna urin. Jika urin kamu berwarna gelap, maka berarti kamu kurang mengkonsumsi air putih.

2. Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Terkait hal ini telah dilakukan penelitian pada 12.000 karyawan yang bekerja di Universitas Osaka, Jepang. Menurut penelitian itu, meminum minuman bersoda dua gelas atau lebih dalam sehari akan mengakibatkan resiko terserang berbagai penyakit pada ginjal. Pernyataan tersebut telah didukung oleh fakta ditemukannya kandungan protein yang tinggi di dalam urin karyawan yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda setiap harinya.

Munculnya kandungan protein yang tinggi tersebut, diyakini menjadi gejala dini terjadinya kerusakan pada ginjal. Jika sudah demikian, maka berarti ginjal sudah tidak mampu lagi menyerap mineral dan nutrisi sebagaimana mestinya.

3. Sering Begadang

“Bila terlalu banyak begadang, muka pucat karena darah berkurang!!” begitulah bunyinya potongal lagu dari bang haji Rhoma Irama. Kalau kamu punya kebiasaan begadang setiap malam, maka kamu perlu berhati-hati, sebab hal itu ternyata dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Menurut Dr. Michael Sole, seorang ahli jantung dan professor kedokteran dan fisiologi di Universitas Toronto, ia mengatakan bahwa jaringan ginjal dapat diperpanjang sepanjang malam atau pada saat kia tertidur. Sehingga, jika terlalu banyak begadang atau tidak tidur, maka kerusakan konstan dapat terjadi pada ginjal, bahkan pula bisa menyebabkan kerusakan langsung pada ginjal.

4. Menahan Kencing

Pasti kamu sering melakukan hal ini, yaitu menahan kencing. Jika menahan kencing sebentar saja sih sebetulnya tidak apa-apa. Tetapi jika menahan kencing dalam waktu yang lama, ini yang berbahaya. Jika hal itu terus dilakukan berulang-ulang kali, maka akan menggangu kesehatan ginjal kamu. Untuk itu, jika sudah mendapat “perintah” untuk kencing, bersegeralah mengeluarkannya, jangan simpan dia lama-lama, lepaskan saja, relakan saja dia pergi dari tubuh kamu.

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa menahan kencing atau menunda-nunda buang air kecil akan memberi dampak yang sangat serius pada kesehatan ginjal. Pada saat kita tiba-tiba muncul keinginan untuk buang air kecil, itu artinya bahwa kantung kemih di tubuh telah penuh. Pada saat kondisi seperti itu ditambah lagi dengan menahan-nahan buang air kecil, maka akan terjadi tekanan pada ginjal. Kemudian akan menyebabkan inkonsistensi atau juga disebut dengan istilah gagal ginjal. Sungguh parah bukan?

Demikian informasi tentang 4 kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kerusakan dan gangguan kesehatan pada ginjal. Jika kamu sudah tahu, segeralah menghindari hal-hal yang disebutkan itu, agar ginjal kamu tetap sehat dan bekerja sebagaimana fungsinya.

Jika mau merasa artikel ini perlu diketahui oleh banyak orang, silahkan share ke teman kamu lainnya, melalui media sosial yang kamu punya. Baik itu di share ke facebook, twitter, google+ dan lainnya. Jangan lupa di share yaa!!!