Hati-hati! Inilah Modus Penipuan Baru di ATM

advertise here
Hati-hati! Inilah Modus Penipuan Baru di ATM
Bikinheboh.web.id – Yang namanya kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, alias tanpa mengenal waktu dan tempat. Apalagi di tempat dimana kita sering melakukan aktifitas kirim-mengirim uang atau bertransaksi keuangan, contohnya Automatic Teller Mechine (ATM). Untuk itu, antisipasi dan tetap waspada perlu ditingkatkan. Jangan mudah percaya dengan orang. Tak terkecuali orang yang ingin meminta pertolongan, apalagi di ATM.

Modus penipuan di ATM memang marak terjadi. Semua berawal dari modus “minta tolong”. Tetapi modus “minta tolong” kali ini sedikit berbeda dari pemberitaan yang pernah ada sebelumnya.

Modusnya ialah dengan menukar uang palsu. Bagaimana kronologinya jenis penipuan seperti ini?

Modus penipuan atau kejahatan ini caranya dengan menukarkan uang palsu yang dimiliki pelaku dengan uang asli yang akan ditransfer korban. Dalam pesan yang tersebar melalui BlackBerry Messenger, maupun situs jejaring sosial, isi pesan itu kurang lebih seperti ini:

"Hati-hati apabila di ATM tiba-tiba Anda mendengar orang di sebelah Anda, yang juga sedang di depan ATM, teriak "Wah..! Saya salah! mestinya mau transfer ini malah tarik tunai..!" 

Anda akan lihat orang itu memegang segepok uang tunai. Setelah itu, dia akan menoleh ke Anda. "Bisa tolong saya? Uang tunai ini silahkan diambil. Tapi tolong saya ditransferkan uang yang saya berikan ini..!" 

 Nah, dari situlah aksi penipuan terjadi. Jika kamu memberi bantuan alias menerima dengan lapang dada, berarti kamu telah mentrasfer uang asli ke rekening si penipu dan kamu menerima segepok uang palsu darinya. Jadi, sekali lagi, perlu berhati-hati dan waspada jika bertemu dengan orang seperti itu.

Selain itu, jika ada yang minta tolong dan mengaku dengan membawa uang yang cukup banyak, yang harus di transfer lalu mengaku saldo di rekeningnya kosong dan hanya ada uang cash dan meminta tolong kamu untuk mentrasfer uang sebanyak yang mereka bawa kerekening tujuan, maka kamu juga perlu berhati-hati terhadap hal ini.

Itu juga bisa saja modus penipuan terkait peredaran uang palsu.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, polisi tengah menyelidiki modus baru ini. Sebab modus ini merupakan cara baru untuk mengedarkan uang palsu.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan tidak mudah percaya dengan siapapun yang baru dikenal. "Ini merupakan modus baru dari sindikat pengedar uang palsu," tuturnya kepada wartawan di Jakarta.

Model penipuan ini biasanya terjadi pada saat jam-jam kantor bank tutup. Tak sedikit juga terjadi di waktu malam hari.

Untuk itu, sempatkan waktumu sebentar untuk menyebarkan artikel ini ke keluarga kamu, teman-teman kamu dan siapa saja yang menjadi teman atau followers di media sosial kamu. Biar semua masyarakat Indonesia tahu akan penipuan modus baru ini.

Terkait hal ini, bagaimana pendapatmu? Apa ada solusi lain untuk menghindari para penipu semacam ini? Silahkan tulis di komen!
BERIKAN KOMENTAR ()